Topics :
Home » , » Satu olahraga sejuta manfaat

Satu olahraga sejuta manfaat

Written By Evan Oktara on Senin, 08 Oktober 2012 | 09:12

Ilustrasi dok: Thinkstock



Yoga belakangan ini banyak penggemar. Apa manfaatnya? Ternyata olah tubuh ini tak sekadar menyehatkan, tapi juga bagian dari seni bercinta.

Naturopathic Doctor dan Yoga Therapist, Dr Sanghmitra Yadav ND YD,  instruktur yoga dari Manado menuliskan yoga dapat dikatakan merupakan jenis latihan pengembangan diri tertua di dunia, yoga datang dari India sekitar 5 ribu thun.
Sejak 1960-an senam yoga telah menyebar ke seluruh dunia. Meski di mesir aktifitas yoga dilarang namun di Indonesia yoga mulai banyak dilirik orang.
Yoga merupakan induk dari senam serta berbagai jenis beladiri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta dan penyembuhan.
Sebagai seni olah jiwa dan raga, yoga dapat dilakukan untuk segala usia. Yoga mengombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan dan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru.
Dalam latihan yoga, setiap postur yang diperagakan memiliki arti berbeda, baik tubuh maupun pikiran, misalnya duduk untuk relaksasi sementara berdiri utk membangkitkan energi
Tidak seperti aerobik, fitness maupun kegel, yoga memberikan dua disiplin praktek yaitu gerak dan diam.
Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh.
Namun demikian pemula yoga harus didampingi instruktur yang berpengalamam untuk menghidari cidera.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Makin Banyak Tau - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger